Blogger templates

Friday, March 15, 2019

Untungnya Jadi Jurnalis Kampus

source: google
Jurnalis kampus adalah mahasiswa yang menekuni bidang jurnalistik yang ada di lingkungan kampus. Tidak hanya sekadar berkuliah saja, jurnalis kampus berkewajiban untuk menginformasikan kejadian dan seluk beluk kampus kepada seluruh civitas akademika. Menekuni  bidang jurnalis kampus adalah hal yang sangat seru.

Jika kamu adalah orang yang suka tantangan, kamu harus bergabung dengan pers mahasiswa ketika kamu berkuliah. Karena menjadi jurnalis kampus harus siap dengan berbagai keadaan dan situasi apa saja. Hal ini juga untuk menjadikan kamu seorang mahasiswa yang lebih produktif dan kamu bisa berkarya dengan menulis. Berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi jurnalis kampus:

1.            1. Lebih Percaya Diri

Menjadi jurnalis kampus harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Bertemu dengan orang baru, pejabat kampus dan orang-orang besar lainnya membutuhkan kepercayaan diri dan keberanian.   Percaya diri dibutuhkan agar kamu berani membawa diri untuk memulai wawancara dan menggali informasi dari narasumber dengan baik.
Jika kamu sudah berani untuk memulai dan melakukan wawancara tentu saja kamu akan mudah membawa diri dan beradaptasi di kelas. Kamu akan lebih aktif di kelas dan akan lebih skeptis sehingga kamu akan selalu memiliki banyak pertanyaan saat dosen menerangkan mata kuliah.
Selain itu, misalnya saat kamu akan menampilkan makalah di depan kelas kamu tidak akan gerogi atau malu lagi. Hal ini dikarenakan kamu sudah terbiasa dan terlatih berbicara di depan orang-orang baru atau orang banyak. Jadi, kepercayaan diri adalah sesuatu yang sudah terbangun dan dimiliki oleh jurnalis kampus. 

2. Lebih Fokus

Seringkali ketika belajar di kelas kita nggak fokus. Misal saat dosen menerangkan kita sibuk memainkan gadget atau ngobrol dengan teman karena perkuliahan yang membosankan. Tetapi tidak dengan jurnalis kampus. Jurnalis kampus sudah terlatih untuk fokus. Kenapa? Karena saat melakukan wawancara dengan narasumber, fokus terhadap topik wawancara adalah hal penting agar kita dapat menggali informasi secara mendalam. Sifat fokus akan secara alamiah dimiliki oleh seorang jurnalis kampus. Hal ini dikarenakan seorang jurnalis kampus telah terlatih untuk menjadi pendengar yang baik dalam keadaan apapun. Jadi, apabila kamu sulit untuk fokus, kamu bisa belajar dari jurnalis kampus atau kamu bisa menjadi bagian dari jurnalis kampus.
 
3.            3. Terdepan
Dibanding dengan mahasiswa lain, jurnalis kampus tentu lebih dulu mengetahui apa yang sedang terjadi di lingkungan kampus. Jangan iri ya! Berkat jurnalis kampus kamu juga jadi tahu apa yang sedang happening di kampus kamu. 

4.             4. Kenal Banyak Orang
Jurnalis Kampus sudah pasti mengenal banyak orang dong. Selain kenal banyak orang, kamu juga akan dikenal oleh orang lain. Dengan menjadi jurnalis kampus, kamu akan selalu bertemu dengan orang baru dengan berbagai latar belakang, status sosial, golongan dan masih banyak lagi. Seru kan?
5.           5. Pintar
Jurnalis kampus adalah orang yang pintar. Gimana nggak? Jurnalis kampus harus menguasai setiap materi wawancara baik itu tentang ekonomi, politik, keuangan, hukum dan lainnya supaya tidak dibodohi atau dipermainkan oleh si narasumber.
Penguasaan materi wawancara sangat penting agar informasi dapat tergali mendalam. Materi wawancara saja bisa dikuasai apalagi mata kuliah di kelas. Untung banget kan?

6.           6. Gigih
Gigih adalah jiwa seorang jurnalis kampus. menunggu atau membuat janji dengan narasumber bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika si narasumber adalah orang yang super sibuk atau tipikal narasumber yang memang susah untuk diajak wawancara. Sebagai jurnalis kampus kamu harus gigih untuk mendapatkan narasumber. Narasumber saja bisa didapatkan, apalagi kamu.
Nah itulah keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menjadi jurnalis kampus. Selain di kelas, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dengan bergabung menjadi jurnalis kampus. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa dengan jurusan jurnalistik, akan rugi sekali jika kamu tidak menjadi bagian dari pers kampus. So, tunggu apalagi?

0 comments:

Post a Comment